Tuesday, September 4, 2012

WAPADALAH!! Ciri-Ciri Penipuan Dengan Modus Lowongan Kerja.

Nyari gawe, nyari gawe. . .
Nyari lowongan pekerjaan emank sulit, gue akui sulit. Apa lagi buat kita yang gak banyak koneksi, cuma modal ijazah SMA [masih lebih mudah nyari kerja dengan ijazah SMK rupanya, apa lagi perempuan, gampang banget dapet kerjanya. Emansipasi wanita emank gak adil Щ(ºДºщ) ]ataupun gak pinter alias biasa-biasa aja.

Udah bukan rahasia umum lagi kalo KKN merupakan hal yang lumrah di dunia pekerjaan, apa lagi recruitment. Kalian bisa dengan mudah masuk kerja sebuah perusahaan kalo ada kenalan orang dalem
yang bisa masukin kalian (di jamin pasti kerja!!), trus ada juga yang kerjaan (masih orang dalem juga) kita harus nyogok duit sebesar sekian juta rupiah biar bisa lulus tes (penegn punya penghasilan aja di persulit dengan ketidak jujuran).

Paling gampang mungkin kalo ngelamar di restoran, atau di perusahaan retail (mini market). Jadi waiter itupun dengan resiko terkadang sulit untuk ibadah shalat 5 waktu khususnya shalat jum’at.  buat kita syang umat muslim shalat merupakan hal yang paling wajib wajib wajib sekali untuk di jalankan. Tapi semua itu harus di ngalahin sama profesionalisme dan loyalitas. Paling susah emank shalat jum’at buat yang kerja di restourant atau perusahaan retail (bagian operasionalnya)karena kalo di restourant, jam shalat jum’at bertepatan dengan lunch (makan siang) dan buat perusahaan retail yang di operation toko harus ada yang jaga dan gak bisa di tinggal (pengalaman pribadi). Mending cari yang laen dah, dari pada shalat gue terlantar!!

Yah gitu deh apa aja di bikin sulit untuk kepentingan bisnis, entah itu kepentingan perusahaan ataupun kepentingan kantong oknum-oknum yang gak bertanggung jawab. Di sisi lain juga kita harus waspada dengan LoKer (Lowongan Kerja) yang tipu tipu. .

Apa aja ciri ciri nya?

1. Ngirim lamaran lewat sms (biasanya iklan nya di koran)
Yang kayak gini biasanya lowongan kerja yang ada di iklan baris yang terdapat di koran, Cuma ngasih no HP dan E-mail. job description, kualifikasi calon pekerja, ataupun alamat perusahaan gak di jelasin. Yang kayak gini patut di curigain nih.

2. Gedungnya di sudut ruko, dan ada yang jaga jaga
Biasanya ruko nya gak begitu bagus, rada keliatan gak ke urus, kecil dan di ujung, mereka biasanya juga ada yang jaga-jaga di depan pake kemeja dan celana bahan, persis kayak orang kantoran. Di perhatiin lagi deh. Kalo emank tmpatnya gak meyakinkan mending cabut aja.

3. Panggilan lamaran pekerjaan gak di telfon, tapi lewat sms dengan no pribadi
Beberapa outsourcing emank ngasih panggilan via sms, tapi selanjutnya setelah lulus tahap tes pertama seperti psikotes (panggilan lewat SMS Cuma panggilan untuk mengikuti psycotest, gue pernah kok dapet sms kayak gini, dan gue pun ikut tes psikotes, besoknya mereka melakukan pangggilan pekerjaan via telfon). Tapi ada juga yang “Pt. Tipu-tipu” yang menggunakan panggilan pekerjaan pake SMS,  hari minggu kemaren tanggal 1 September  2012 gue dapet sms (tapi sayang udah gue apus) yang isinya kurang lebih “mengingatkan kembali panggilan pekerjaan kepada saudara. Dari PT. XXX” gue sempet bingung. Kapan gue pernah ngirim CV gue ke ni perusahaan? Perasaan gue ngirim CV gue lewat E-mail buat ngelamar gak ke sini dah. Yaudah tanpa banyak curiga, gue dateng aja dulu. Besoknya, gue langsung tau begitu sampe di TKP kalo tuh perusahaan emank tipu-tipu. Kok gue bisa tau? Ya jelas aja, begitu gue dateng ke alamat yang persis sama, nama perusahaannya beda sama nama perusahaan yang di sms ke gue, selanjutnya bakal gue bahas di bawah dan ini yang  fatal.

4. Di mintain uang buat pendaftaran peserta lamaran.
Nah, kalo udah di interview trus interviewnya gak nanya pengalaman data diri gaji terakhir, gaji yang di harapkan ataupun gak ada tes apapun yang harus di lalui pelamar, Cuma ngejelasin income (penghasilan) kita, mulai dari gaji pokok, jamsostek, uang makan dan jaminan karyawan tetap (enggak ada sistem kontrak sama sekali). Semua itu bisa di dapatkan dengan satu syarat, yaitu bayar sepersekian ratus ribu. Biasanya mereka  minta nya rada maksa, kalian di minta uang seadanya sebagai tanda ikatan kerja dan bisa di lunasi nanti. Logika aja, masa kita mau kerja yang harusnya kita yang di bayar malah mesti ngeluarin duit tanpa ada yang jamin ini beneran atau sekedar penipuan. Kalo udah kayak gini tinggal aja interview nya.
 
Ini udah ke dua kalinya gue dapet panggilan kayak gini, pertama waktu tahun 2009 dan yang ke dua baru-baru ini, semoga kalo ada tipu tipu lowongan kerja yang selanjutnya, gue bakal bilang "ini udah ke 3 kalinya saya mengalami seperti ini, semoga saya mendapatkan satu piring cantik gratis dari perusahaan palsu yang ibu/bapak pimpin." haha. Agak sebel juga sih, capek-capek dateng ternyata lowongannya HOAX. Yaah seenggaknya gue berhasil gak ke tipu ma mereka, Alhamdulullah yaa, sesuatu banget (syahrini addict). Cuti kuliah semester ini gue gak boleh patah semangat, harus dapet gawe trus ngumpulin duit buat bayar kuliah!!! Argh. .

Buat kalian yang mau nyari gawe juga
Bisa di cek di bawah ini lowongan kerja nya
info lowongan kerja job street dan info lowongan SMK


artikel ini gue chare juga di kaskus dan mendapat tanggapan yang cukup baik dari kaskuser dan memberikan reputasi berupa cendol cendol dari kaskuser

Photobucket



Dagangan ane gan, yang mau liat liat atau mau beli klick aja link di bawah ini

No comments:

Post a Comment