Thursday, August 16, 2012

Suka? Sayang? Cinta? (I don't get it/saya tidak mengerti)

 

Suka? Sayang? Cinta?
Yups. . .


Baru kali ini gue dapet ide buat nulis di tempat yang gue rasa terlalu ababil buat nulis masalah ginian. Soalnya jarang banget kita ngomong serius dan di diskusiin rame rame. Yaaaa, walaupun bukan pembahasan yang berat seberat ngebahas kasus pembantaian umat muslim rohingya, korupsi masalah simulator pembuatan SIM, kospirasi politik atau masalah keadaan timur tengah yang gak kelar kelar konflik nya. Tapi gue rasa ini cukup pantes buat di bahas, apa lagi buat kita yang mau menunggu partner yang tepat (quotes nya steve rogers di film captain america the first avengers) untuk ngejalanin hidup. Dengan kata lain “kekasih.”

Seperti salah satu postingan gue sebelumnya. Di 4 hal yang wajib di miliki cowok and cewek gaul kalo gue nulis mengenai pasangan hidup, siapa dan seperti apa pasangan yang pantes untuk di jadiin pendamping hidup kita (walaupun gue di situ lebih konsen dalam mengkritisi secara sinis prilaku hedonisme nya ala anak gaul) merupakan hal yang penting untuk di pilah dan di pilih. Kan gak ada orang yang mau berakhir dengan putus ataupun cerai kan?

Ngomongin asam manis cinta itu emank gak akan ada abisnya. Apa lagi kita para penduduk mars (red: kaum adam/pria) yang (kadang-kadang) kalo ngomongin cewek juga gak akan nemuin penyelesaian. Gak tau deh untuk kalian para penduduk planet venus (red: kaum hawa/perempuan). Perbedaan dari dua makhluk ajaib yang di sebut cewek dan cowok emang selalu menarik untuk di bahas (terinspirasi dari buku Men are from mars, Women are from venus karangan John Gray, Phd. Tapi tenag gue gak akan bahas perbedaan cewek dan cowok kok haha). Karena masalah apa yang menurut kita cocok dan menurut mereka gak dari seorang cewek entah itu masalah fisik, attitude, believe (bukan mengenai agama), velue ataupun mindset itu beda beda. Kata kasarnya rambut boleh sama-sama item tapi isi kepala mah tetep beda (cara berfikir/cara menyikapi suatu masalah)”. Satu hal yang gue yakinin sampe sekarang adalah kecantikan seorang wanita itu relaitf, tergantung dari mana kita melihat kecantikan wanita tersebut.

So....

Langsung aja kita ke topik pembicaraan. Sesuai dengan judul di atas. Apasih “suka”? apa sih “sayang”? apa sih “cinta”? berikut penjelasannya. . .

And Here We Go!!! :

Apa itu “suka”?
Suka adalah ketika kita memiliki rasa simpati terhadap seseorang. Yaitu ketika kita memiliki banyak kecocokan dengan seseorang sehingga apa yang kita lihat dari si dua membuat kita merasa “wow! gue banget nih orang.” Yah bisa di bilang mempunyai kesamaan lah dengan si “dia.” Mulai dari cara berfikir, berfilosofi, cara dia berpakaian, cara di bersikap dan lain lain yang sesuai denga velue yang kita miliki. Perasaan suka sangatlah rentan dalam sebuah hubungan karena rasa suka bisa aja pupus di tengah jalan (bukan patah hati, karena kita gak punya perasaan yang lebih sama si “dia”). Tapi bisa di karenakan banyak faktor, entah itu kelakuannya yang ternyata baru keliatan sama kita, entah itu dia udah punya pasangan atau malah bikin kita ilfil. Tapi yang lebih dominan menurut gue adalah sikap kita mengagumi seseorang, itu aja. Yeah, gue rasa itulah kata yang tepat menurut gue, hanya sebatas kagum.

*Saat kau MENYUKAI seseorang,kau ingin memilikinya untuk keegoisanmu sendiri.
*Saat kau MENYUKAI seseorang dan berada di sisinya maka kau akan bertanya,"Bolehkah aku menciummu?"
*SUKA adalah saat ia menangis, kau akan berkata "Sudahlah, jangan menangis."
*SUKA adalah saat kau melihatnya kau akan berkata,"Ia sangat cantik dan menawan."
*Pada saat orang yang kau SUKA menyakitimu, maka kau akan marah dan tak mau lagi bicara padanya.
*Pada saat kau SUKA padanya, kau akan MEMAKSANYA untuk menyukaimu.
*SUKA adalah kau akan menemaninya bila itu menguntungkan.
*SUKA adalah hal yang menuntut.


Apa itu “sayang”?
Setelah kita “suka” pada seseorang mungkin aja akan berlanjut kedalam kategori “sayang.” Ketika kita merasa menjadi bagian hidup orang lain dan orang lain menjadi bagian dari hidup pribadi maka itulah makna dari kata “sayang.” Tentu aja gak semudah itu untuk mendefinisikannya. Karena hal ini sangatlah luas dan lebih umum di gunakan di dalam sebuah hubungan. Seperti rasa sayang kita ke sahabat, keluarga besar ataupun kekasih (ini juga bisa lho kalo sekedar sayang aja. Belom sampe tahap cinta).


*Saat kau MENYAYANGI seseorang, kau ingin sekali membuatnya bahagia dan bukan untuk dirimu sendiri.
*Saat kau MENYAYANGI seseorang dan berada di sisinya maka kau akan bertanya,"Bolehkah aku memelukmu?"
*SAYANG adalah saat ia menangis dan kau akan menangis bersamanya.
*SAYANG adalah saat kau melihatnya kau akan melihatnya dari hatimu dan bukan matamu.
*Pada saat orang yang kau SAYANG menyakitimu, engkau akan menangis untuknya.
*Pada saat kau SAYANG padanya, kau akan MEMBIARKANNYA MEMILIH.
*SAYANG adalah kau akan menemaninya di saat dia membutuhkan.
*SAYANG adalah hal memberi dan menerima.


Apa itu “cinta”?
Cinta? (what the hell is that thing?) Lebih jauh lagi, saat tanpa paksaan ada kesediaan untuk mengorbankan apa yang dimiliki untuk orang lain itu sudah menjadi arti dari kata cinta. Tapi gue lebih suka untuk bilang cinta merupakan sebuah kata yang terlampau sulit untuk diterjemahkan dengan kata-kata. Karena ketika orang bertanya “bagai mana menterjemahkan cinta?” gue Cuma bisa jawab, “kita gak menterjemahkannya kawan, kita merasakannya.” Mencintai seseorang itu gak segampang aljabar. Rumus untuk mencintai juga gak pernah ada, it’s trial and error.
So ketika mencintai berhati hatilah kepada siapa orang yang bakal kita kasih hati kita seutuhnya, karena ketika kita ngasih hati kita seutuhnya, kita bukan cuma ngasih dia hak untuk mencintai kita balik. Tapi kita juga ngasih dia kekuatan untuk nyakitin kita (buset!! Gue pengalaman banget kayaknya. Yah inilah hidup. Hal yang gak akan pernah kita dapet di dalam kelas.) terkadang hidup ini juga terlalu menyebalkan. Seperti ketika kita jatuh cinta pada seseorang, tapi mereka lupa untuk mencintai kita kembali. Trus gimana kalo kita lagi jatuh cinta? Mungkin ada di antara kalian yang gak percaya dengan “the mysterious of love.” Karena ini namanya cinta, bukan santa klaus. Trus apa artinya itu? Mungkin juga kalian punya hubungan tapi gak merasakannya, dan mungkin aja Cuma ngehasilin perceraian doank. Gak menutup kemungkinan juga kalin berfikir cinta itu Cuma fantasi atau sebuah dongeng yang ada di negri dongeng. Yah gue pikir kalian salah, ada hal yang kalian lewatkan. Apa itu ? “kamu tahu saat kau merasakannya” (quotes nya tom hansen di film 500 hundred of summer.) dan satu hal yang sampe sekarang gue merasa aneh adalah, ketika mencintai seseorang kita akan rela pergi menjauh atau bahkan melupakannya untuk kebahagiaan orang yang kita cintai walaupun itu rasanya sangat menyakitkan ;-).
*Saat kau MENCINTAI seseorang, kau akan melakukan apapun untuk kebahagiaannya walaupun kau harus mengorbankan jiwamu.
*Saat kau MENCINTAI seseorang dan berada di sisinya maka kau akan menggenggam erat tangannya...
*CINTA adalah saat ia menangis dan kau akan membiarkannya menangis dipundakmu sambil berkata, "Mari kita selesaikan masalah ini bersama-sama."
*CINTA adalah saat kau melihatnya kau akan berkata, "Buatku dia adalah anugerah terindah yang  pernah Tuhan berikan padaku.."
*Pada saat orang yang kau CINTAI menyakitimu, kau akan berkata, "Tak apa dia hanya tak tahu apa yang dia lakukan."
*Pada saat kau CINTA padanya, kau akan selalu MENANTINYA dengan setia dan tulus...
*CINTA adalah kau akan menemaninya di saat bagaimanapun keadaannya.
*CINTA adalah hal yang memberi dengan rela.

Maka berhati hatilah dengan cinta, karena cintapun ada yang palsu namun terletak di dalam hati kita. Bahkan terlalu sulit untuk di bedakan jika kita sudah terbuai. So.... inilah cinta palsu tersebut.




P.S: mungkin opini gue terlalu subjektif. Tapi ini kembali lagi ke diri kita masing-masing bagaimana kita harus menyikapinya.
Dagangan ane gan, yang mau liat liat atau mau beli klick aja link di bawah ini

No comments:

Post a Comment